081231938011 , Paket Rafting Malang , Paket Rafting di Malang , Tips Rafting Untuk Pemula

Tips Rafting Untuk Pemula

Anda seorang pemula dalam aktifitas rafting di Bali? Bacalah tips rafting untuk pemula di halaman web ini, sehingga dapat mempersiapkan diri.

1. Kondisi Badan

Jika anda ingin melakukan aktifitas rafting di Bali, sebaiknya pastikan diri anda dalam keadaan yang sehat jasmani, walaupun anda tidak dapat berenang tentunya tidak menjadi kendala untuk ikut dalam aktivitas olah raga arung jeram di Bali. Jika anda tidak bisa berenang, sampaikanlah kepada pemandu yang menemani anda. Kondisi anda andalah prioritas nomer 1 dalam tips rafting untuk pemula.

2.Pakaian

Tips rafting untuk pemula yang kedua andalah pakaian. Pakaian yang anda gunakan adalah pakaian yang tidak mudah menyerap air, hindari menggunakan pakaian dari bahan katun karena bahan katun sangat mudah dalam menyerap air. Tujuannya agar suhu tubuh anda tidak turun selama menggunkan pakaian basah dan gunakanlah celana pendek. Pakailah sandal dan gunakan sandal gunung bukan sandal jepit.

3. Perlengkapan

Tips rafting untuk pemula yang ketiga adalah perlengkapan. Jika anda melakukan aktifitas Bali rafting, maka provider akan menyediakan anda helm dan jaket pelampung. Pilihlah jaket pelampung yang sesuai dengan ukuran badan anda, tidak terlalu ketat ataupun tidak terlalu longgar. Jaket pelampung tersedia dalam berbagai ukuran yang dapat anda atur kelonggaranya.

4. Pemanasan Tubuh

Arung jeram di Bali walaupun bersifat rekreasi tapi aktivitas ini masih tetap dalam kategori olah raga. Pemanansan tubuh sebelum melakukan aktivitas arung jeram di Bali, sangat penting agar tubuh anda pada saat mendayung tidak kram. Hampir semua provider rafting di Bali akan menginstrusksikan kepada anda untuk melakukan pemanasan sebelum melakukan aktivitas Bali rafting.

5. Posisi Duduk

Pada saat anda berarung jeram, duduklah di pinggir perahu karet jangan duduk ditengah atau didasar perahu karet. Dengan anda duduk di pinggir perahu karet akan memudahkan anda dalam menjaga keseimbangan tubuh. Posisi duduk biasanya akan diatur oleh pemandu yang akan disesuaikan dengan berat badan.

6. Cara Memegang Dayung

Dayung memegang peranan vital untuk pengendalian perahu, sebelum anda melakukan aktivitas arung jeram di Bali, sebaiknya tanyakanlah kepada pemandu anda cara menggunakan dayung yang benar, teknik menggunakan dayung biasanya berdasarkan posisi anda duduk.

7. Mengayuh

Baik bagi yang sering melakukan aktivitas arung jeram ataupun yang pertama kali, sebelum melakukan rafting, instruktur anda pasti akan melakukan pengarahan tentang aba-aba rafting. Aba-aba tersebut antara lain “Maju”, “Mundur”. Jika anda diinstruksikan maju maka anda akan diminta untuk mengayuh kearah dalam dari posisi anda duduk. Begitu juga sebaliknya, jika anda diinstruksikan mundur maka anda akan diminta mengahyuh dari arah dalam keluar dari posisi anda duduk.

Selain itu ada juga instruksi kanan maju yang artinya hanya sisi kanan yang mengayuh maju atau kiri mundur, hal ini berguna untuk membelokan perahu kearah tujuan. Juga anda aba-aba “STOP” yang artinya anda harus berhenti untuk mengayuh. Aba-aba “pindah kanan” berati orang yang disebalah kiri perahu pindah tempat duduk ke sisi kanan perahu, begitu juga sebaliknya dengan aba-aba pindah kiri.

Jika anda mendengar instruksi “Boom”, maka anda akan menghadapi jeram dan anda harus segera mengangkat dayung dan badan segera menunduk kearah perahu dan kuat-kuatlah berpegangan pada perahu agar anda tidak terjatuh dari perahu.

8. Terjatuh dari perahu

Jika anda terlempar ke sungai, janganlah panik, karena anda sudah memakai jaket pengaman. Arahkan tubuh anda menghadap ke atas dengan posisi terlentang, jangan anda melawan arus dan jangan membelakagi arus, arahkan pandangan anda ke depat ke arah arus dan angkatlah kaki, ini berguna jika anda batu didepan, anda dapat menahan dengan menggunakan kaki. Jika anda terlempar cukup jauh, pemandu akan melempar tali ke anda.

9. Perahu terbalik

Ada saatnya perahu anda kan terbalik baik karena arus jeram yang kuat atau disengaja untuk meningkatkan adrenalin. Jika perahu anda terbalik, usahakanlah untuk tetap tenang, karena terdapat celah udara diperahu, keluarlah dari perahu dengan cara menyelam.

 

Hubungi kami :

First Outbound Training

Ali Saleh :

1stoutbound@gmail.com

081 231 938 011 (Simpati)
081 944 933 017 (XL)
0899 3666 822(Three)
085 60 70 48726 (Im3)

PIN BB : 7D2DC72D

Website

http://www.1stoutbound.com

Leave a Reply