081231 938 011, Outbound Games Team Building Malang, Kegagalan Awal Kesuksesan

KEGAGALAN ADALAH AWAL KESUKSESAN

Format     : Perorangan

Waktu      : 15-30 menit

Tempat    : Di dalam atau di luar ruangan]

Materi     : Kertas A4 sebanyak sejumlah peserta

Peserta    : 9-45 orang

Deskrisi    :

Setiap peserta diminta untuk memikirkan sebuah cerita sukses dari orang terkenal. Setelah itu, mereka menulis kisah sukses yang didahului kegagalan tersebut di sebuah kertas. Tulisan dibuat secara ringkas tetapi padat serta tidak boleh lebih dari setengah halaman kertas A4.

Tujuan     :

Saling memberikan pengalaman dan kekuatan dengan orang lain melalui kisah sukses orang yang dikenal secara umum.

Prosedur:

Setiap peserta diberi waktu 5 menit untuk berpikir atau merenung. Setelah itu, semua peserta diminta menuliskan paparan mereka di kertas. Setelah tahap penulisan selesai, akan ada kesempatan untuk sharing secara bergantian. Trainer menunjuk salah satu peserta untuk maju dan menyampaikan inti ceritanya serta menjelaskan pelajaran yang bisa dipetik dari cerita tersebut.

Setiap peserta membagikan ceritanya, sementara peserta lain diminta untuk menyambutnya dengan tepuk tangan jika sudah selesai bercerita.

Pembahasan   :

Seorang terkadang giat bekerja dengan semangatnya yang menyala-nyala. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa terkadang seseorang bisa layu, lunglai, lemah tak berdaya, saat menghadapi kerasnya kehidupan ini. Saat dalam keadaan patah semangat, sebenarnya seseorang perlu dibantu dengan mengembalikan semangatnya kembali. Semangat itu salah satunya bisa didapatkan dari kisah yang membangkitkan semangat.

Simpulan lainnya adalah bahwa orang yang lesu dan tidak bersemangat hanya dikarenakan kurang referensi. Banyak orang yang secara kuantitas dan kualitas mengalami badai yang lebih dahsyat, tetapi tidak bergeming sampai badai reda dengan sendirinya. Tinggallah angin sepoi-sepoi yang memberikan kesegaran bagi orang yang bisa bertahan tersebut.

Dari beberapa ilustrasi diatas, bisa ditarik kesimpulan bahwa agar termotivasi, kehadiran tokoh idola bukanlah sebuah impian yang utopis, melainkan sosok yang hadir di dalam mimpi kehidupan. Memang pernyataan ini agak berat, tetapi cukup dengan sekali melihat contohnya dalam kehidupan sehari, semua makna dalam pernyataan itu akan tersigkap.

Selain membangkitkan semangat dari kisah seorang tokoh yang menginspirasi, usaha yang tekun juga diperlukan dalam bekerja. Maka dari itu, bukan hanya untuk bersenang-senang dan menghilangkan penat saja, 1stoutbond juga memberikan motivasi penuh terhadap peserta agar selalu semangat dalam menjalani kegitannya sehari-hari.

Leave a Reply