Rutinitas, Jebakan Zona Nyaman

Tanpa Kita rasakan, saya berkeyakinan sebagian besar Kita sengaja membuang waktunya tanpa mereka sadari.

Untuk mahasiswa:

Tiap pagi bangun tidur, pergi ke kampus, masuk kelas, selesai nongkrong bentar, pulang ke rumah. Besoknya ya gitu terus…

Untuk pekerja:

Tiap pagi bangun tidur, pergi ke kantor, masuk jam 8 pagi, jam 12 makan siang sampe jam 1, kerja lagi sampe jam 5 sore, trus pulang ke rumah. Besoknya, ya gitu lagi…

RUTINITAS = BUANG WAKTU = BORING = NGGA ASIK!

Hidup cuma 1x. Alangkah asiknya kalau hidup Agan berwarna. Banyak variasi. Bermakna. Berkembang.

Gimana caranya?

Saya ngga bilang untuk supaya hidup berwarna, Agan harus ngga lakuin rutinitas yang seharusnya Agan lakuin: kuliah / kerja. TAPI,… coba tantang diri Agan untuk berpikir, “Apa yang bisa gua lakuin ya?” atau “Gimana caranya untuk ngebuat gua atau kerjaan gua lebih bagus ya?” atau “Gimana caranya supaya gua bisa punya network / teman lebih banyak lagi ya?”, dan seterusnya dan seterusnya.

Jadi, ketika harus kuliah,… ketika di kelas, pikirin gimana caranya supaya ilmu yang Agan dapetin itu maksimal. Apakah ikut secara aktif dalam diskusi? Beraniin diri untuk nanya? Beraniin diri untuk maju ke depan untuk presentasi? Ketika istirahat, gunain waktu untuk jangan hanya nongkrong sama temen-temen yang itu ituuuuu aja. Coba sekali-kali maen ke jurusan lain, kenalan. Kali aja ketemu jodoh? he he he. Dan, pas waktunya pulang atau di weekend, gunain untuk berorganisasi!

Untuk yang kerja, coba pas makan siang… jangan hanya makan siang sama temen makan siang yang itu ituuuu aja. Pas meeting, jadilah orang yang aktif. Beraniin untuk ambil suatu posisi, atau tanggung jawab. Pas waktunya pulang, coba untuk hang out sama teman. Cari kenalan teman baru, jangan hanya dengan teman sekantor, kalo perlu malah dengan orang yang beda industri. Ngga ada ruginya punya temen banyak!

Mungkin, pas weekend, gunain untuk merenung. Coba mikirin, ada ngga hal lain dari apa yang sudah Agan lakuin, yang Agan suka… (passion)? Kalo ada, COBA perjelas di otak Agan, dan tulis. Jabarkan juga step-stepnya. Dan, yang paling penting, untuk beraniin untuk #MakeItHappen!

Saya tipe orang yang suka nantang diri sendiri. Saya ngga sedih ketika ngga punya duit. Saya sedih dan bener-bener worried ketika saya ngga punya ide, dan ngga tau mesti ngapain. Dan, ketika saya lagi penuh ide, saya bahagia luar biasa. Inilah cara saya untuk selalu membuat hidup saya penuh warna. Saya selalu tantang diri saya, selalu beraniin diri saya ngelakuin banyak hal yang sebelumnya belum pernah saya lakuin! Kenapa?

Karena saya sadar… Rutinitas itu BORING, BUANG WAKTU! Dan saya mau hidup saya berwarna, bermakna, dan… asik. Siapa yang sependapat sama saya?

(Sumber : Billy Boen,  CEO, PT. YOT Nusantara Shareholder, Rolling Stone Cafe Jakarta)

Dapatkan Penawaran Training Motivasi, Training Indoor, Training SDM dengan HARGA yang SESUAI BUDGET Perusahaan Anda !!!

Untuk Konsultasi, Proposal dan Presentasi, silahkan hubungi kami :

——————————————————————————————————————————

First Outbound Training

Ali Saleh :

1stoutbound@gmail.com

081 231 938 011

081 945 38 4100

08990 400 730

PIN BB : 29376C1F

Leave a Reply