Manfaat Outbound Training Dalam Aktualisasi Diri

Manfaat Outbound Training Dalam Aktualisasi Diri

Outbound training belakangan menjadi suatu kegiatan yang banyak diagendakan oleh perusahaan – perusahaan sebagai bentuk kegiatan luar kantor yang sangat bermanfaat. Kegiatan yang berujung akan kemampuan aktualisasi diri dari seorang karyawan  sehingga memberikan kontribusi positif bagi kemajuan perusahaan. Dan melihat pentingnya kegiatan ini, maka dalam kurun waktu tiga tahun terakhir jasa outbound training mulai tumbuh subur di negeri tercinta ini.

Beberapa kota yang cukup menjadi sasaran favorite bagi perusahaan untuk menggelar kegiatan outing ini seperti outbound puncak Cipanas, outbound Lembang, Sungai  dan Ciwidey di Jawa Barat, outbound malang di Jawa Timur, outbound bedugul di pulau Bali. dan tempat – tempat lain di pelosok tanah air. Semua tempat memiliki karakteristik konsep dan metode yang berbeda – beda tetapi memiliki tujuan yang sama yaitu memberikan manfaat untuk meningkatkan kemampuan aktualisasi diri bagi pesertanya. Dan untuk tempat-tempat yang saya sebut di atas memiliki kesamaan yaitu menjadikan alam sebagai media tempat belajar aktualisasi diri. Outbound di daerah Puncak dan Ciwidey mengutamakan kegiatan lintas alam mendaki gunung, sedangkan outbound malang dan outbound citarik menggunakan kegiatan rafting di sungai sebagai media pembelajaran aktualisasi diri.

Adapapun manfaat outbound training di dalam meningkatkan aktualisasi diri seseorang diantaranya:

  1. Melatih kemampuan seseorang terutama menumbuhkan jiwa leadership yang mungkin selama ini tidak nampak. Beberapa metode outbound training menggunakan permainan atau kegiatan yang telah diatur skenario-nya untuk membawa suatu team ke dalam suatu permasalahan. Dan saat team tersebut berjuang mengatasi masalah yang ada, maka jiwa leadership seseorang akan muncul.
  2. Melatih kerjasama team. Kegiatan outbound training biasanya dalam bentuk permainan yang melatih masing-masing individu yang mungkin terbiasa bekerja sendiri untuk dapat bahu membahu bersama team-nya di dalam menyelesaikan permainan.
  3. Melatih menyeimbangkan kemampuan analisa dan pola pikir dengan menggunakan otak kiri dan otak kanan. Kesimbangan antara pola berpikir realistis, konseptual dan “feeling” seseorang adalah senjata yang sangat ampuh di dalam mengambil keputusan.
  4. Mengasah kemampuan seseorang di dalam mengambil keputusan terhadap suatu kondisi di mana kondisi tersebut bisa saja tidak pernah di alami sebelumnya.
  5. Meningkatkan kemampuan dan kematangan kedewasaan seseorang di dalam mengambil keputusan.
  6. Menumbuhkan arti penting kehidupan kebersamaan. Terlebih di beberapa kota besar sangat banyak dijumpai orang-orang yang memiliki rasa individualistis yang tinggi. Bahkan mengarah kepada persaingan yang saling menjatuhkan.
  7. Fun. Metode kegiatan aktualisasi diri yang biasanya dikemas dalam kegiatan permainan akan memberikan rasa suka cita yang optimal bagi individu peserta outbound training.

Manfaat outbound training di atas yang dikemas dalam bentuk permainan secara tidak langsung akan mempengaruhi kinerja seseorang dalam sebuah perusahaan untuk menjadi lebih optimal. Biasanya setelah selesai acara training, perlahan-lahan atau secara cepat, pola pikir seseorang akan terbentuk. Hal ini disebabkan metode permainan dalam outbound training lebih mudah mengendap dalam alam bawah sadar seseorang.

http://edukasi.kompasiana.com/2013/08/15/manfaat-outbound-training-dalam-aktualisasi-diri-584437.html

Leave a Reply