Metode Pelatihan Outbound

Metode Pelatihan

Dalam pelatihan outbound dan program outbound yang Kami tawarkan, Kami memiliki serangkaian metode ilmiah , cara ilmiah  dalam menggali potensi yang dimiliki setiap individu maupun kelompok sehingga terwujud goal yang dikehendaki dalam pelatihan tersebut.

Menggali Potensi

Menggali potensi adalah tahapan untuk mengenali karakter, identitas diri berarti mengetahu kekuatan dan kelemahan diri yang nantinya dapat digunakan untuk menyusun strategi dalam bekerja sebagai satu tim. Dan sebagai refrensi untuk pengembangan berikutnya.

Menginspirasi Dan Membekali

Menginsipirasi berarti membekali setiap peserta outbound dengan sugesti positif, motivasi yang membangun untuk mencapai tujuan dan memiliki semangat dalam menghadapi setiap tantangan, memiliki paradigma hambatan dalam setiap langkah adalah tantangan untuk lebih maju dan berkembang.

Kemampuan Analisa Dan Menyusun Strategi

Menstimulasi peserta outbound / peserta pelatihan kemampuan untuk menganalisa masalah, serta mampu memformulasikan strategi tepat untuk mengatasinya. Melalui rasa empati dan pemahaman terkait kondisi yang sebenarnya.

Komunikasi Efektif

Menyadarkan tentang komunikasi yang efektif, sebagai pintu untuk mengatasi kendala sosialisasi,  yang selama ini (komunikasi) terkadang dianggap sebagai hal yang remeh dikarenakan seringnya kita berkomunikasi namun tidak memahami perbedaan mana yang penting untuk disampaikan dan tidak.

Metode Experiential Learning


Metode experiential learning adalah metode proses belajar yang membanguan keterampilan, pengetahuan, nilai-nilai melalui pengalaman langsung.

Kata kunci dari experiential learning adalah keterlibatan aktif peserta pembelajaran pada setiap aktivitas kegiatan yang telah dirancang oleh pengajar (intstruktur). Kemudian mereka memandang kritis kegiatan tersebut setelah itu mereka mendapatkan pemahaman dan dituangkan dalam bentuk lisan maupun tulisan. Experiental learning menggunakan pengalaman sebagai pemercepat / katalis untuk mengembangkan kapasitas kemampuan pembelajar dalam proses belajar.

Pada Experiential Learning, langkah menantang bagi instruktur adalah memikirkan atau merancang aktifitas pengalaman belajar seperti apa yang harus terjadi pada diri peserta baik individu maupun kelompok.  Aktifitas pembelajaran harus (fardu ‘ain) berfokus pada peserta belajar (student-centered learning). Dengan demikian, apa yang harus kita lakukan, apa yang harus mereka lakukan, apa yang harus kita katakan atau sampaikan harus secara detail kita rannag dengan baik. Begitu pula dengan media dan alat bantu pembelajaran lain yang yang dibutuhkan juga harus benar-benar telah tersedia dan siap untuk digunakan.

Keuntungan Experiential Learning

·          Apabila metode Experiential Learningdilakukan dengan baik dan benar, maka ada beberapa keuntungan yang akan didapat, antara lain:

·          Meningkatkan semangat dan gairah pembelajar,

·          Membantu terciptanya suasana belajar yang kondusif,

·          Memunculkan kegembiraan dalam proses belajar,

·          Mendorong dan mengembangkan proses berpikir kreatif,

·          Menolong pembelajar untuk dapat melihat dalam perspektif yang berbeda,

·          Memunculkan kesadaran akan kebutuhan untuk berubah, dan

·          Memperkuat kesadaran diri.

Experiential learning seringkali diidentikkan dengan kegiatan outbound, yaitu pelatihan yang membawa pesertanya ke alam terbuka. Banyak metode yang digunakan di dalamnya mulai dari simulasi, demonstrasi, role-play atau memecahkan games dan metode-metode lainnya.

Dari maknanya, Experiential Learning secara sederhana dapat diartikan sebagai pembelajaran melalui pengalaman. Hal tersebut menjelaskan bahwa seseorang diarahkan untuk belajar melalui proses mengalami sendiri topik yang sedang dipelajarinya.

Apa hubungannya antara Experiential Learning dengan outbound?

Dalam outbound, peserta diarahkan untuk mengalami sendiri sejumlah hal yang menjadi target belajar. Misal untuk mencapai target belajar ‘Berani Mengambil Keputusan’, si peserta dihadapkan pada suatu kondisi kritis tertentu sehingga dipaksa mengambil keputusan.

Berdasarkan pengalaman metode Experiential Learning memiliki keunggulan  di antaranya  meningkatkan semangat pembelajar karena pembelajar aktif,  membantu terciptanya suasana belajar yang kondusif karena pembelajaran bersandar pada penemuan individu, memunculkan kegembiraan dalam proses belajar mengajar karena pembelajaran dinamis dan terbuka dari berbagai arah, dan mendorong serta mengembangkan berfikir kreatif karena pembelajar partisipatif untuk menemukan sesuatu.

Dapatkan Penawaran dengan HARGA yang SESUAI BUDGET Perusahaan Anda !!!

Untuk Konsultasi, Proposal dan Presentasi, silahkan hubungi kami :

——————————————————————————————————————————

First Outbound Training

Ali Saleh :

1stoutbound@gmail.com

081 231 938 011

081 945 38 4100

08990 400 730

PIN BB : 29376C1F

Incoming search terms:

  • pelatihan outbond

Leave a Reply