OUTING, Outbound Malang, Skirmish AIRSOFT, di Pulau Sempu Malang

Ya, terkadang dalam menjalani aktifitas outbound selama ini, yang teringat adalah aktifitas yang dikelilingi tumbuhan hijau , dan dinginnnya udara pegunungan. Tapi tidak yang terjadi pada tanggal 12 Juli 2010, Adalahsebuah perusahaan dari surabaya yang bergerak di bidang perdagangan furniture ini, dengan sejumlah karyawan beserta staf  manajemen lainnya turut larut dalam dahsyatnya suasana outing, outbound training yang di helat di pantai selatan tepatnya, pantai sendang biru dan pulau sempu. SWOT Team dengan cekatan dan penuh antusias memberikan paket permainan dan juga materi yang tidak kalah menantang dengan medan yang dipilih oleh perusahaan Furniture Surabaya tersebut, salah satu bentuk permainan yang diberikan kepada peserta yang  kurang lebih 100 karyawan dan manajemen perusahaan dengan komisaris yang berasal dari Kanada dan Australia ini adalah tracking Sempu island di hari pertama, yang kemudian di lanjut dengan breaking barirer games dan wargame di hari kedua, yang sangat menguras energi dan konsentrasi peserta, dan juga pastinya dituntut kerja sama tim yang alot untuk bisa menyelesaikan misi dari permainan tersebut.

Outbound Training yang digelar dengan tema “Employee Day Get the Succes Early” pada hari sabtu dan minggu itu diawali di hari pertama dengan pembukaan  ice breaking dan saling mengenal antar peserta, acara yag dipimpin langsung oleh Fasilitator utama Pak Heru Suseno ini berlangsung sangat hangat dan cair, sanggup membuyarkan ketegangan dan keletihan peserta yang baru menempuh perjalanan cukup jauh dari surabaya ke daerah pantai malang selatan sendang biru. “Joke-joke nya segar (Ice breaking) dan saya bisa saling kenal dengan karyawan lain, padahal sudah 2 tahun satu kantor tapi saya tidak pernah tau siapa nama bapak di bagain pengiriman barang itu” tandas Sujoko salah satu peserta yang berasal dari bagian Kasir perusahaan. Acara kemudian berlanjut dengan istirahat untuk makan dan coffe break dan sholat, setelah itu peserta bersiap untuk naik ke perahu dan menyeberangi selat sempu, dan mendarat di pantai semut pulau sempu, dan selanjutnya berjalan melintasi kurang lebih track sepanjang 7 km melintasi hutan pulau sempu, dan finish di bibir pantai segoro anakan sempu. Waktu telah beranjak malam, dan gelap semakin pekat, tapi untungnya dengan sedikit berks sinar rembulan suasana semakin indah dan menambah semagat diiringii deburan ombak dan angin malam pantai segoro anakan sempu. Peserta kemudian mendirikan tenda dan membakar api unggun, karena telah larut malam acara hanya diisi makan dan free time individual.

Hari kedua, ketika itu pagi menjelang, dengan sinaran mentari yang membuncah di ufuk timur, sesuai jadwal yang terekam dalam rundown acara setelah dilalui dengan bersih badan sekenanya (karena di segoro anakan yang masih alami,belum ada mck) dan juga breakfast, peserta melakukan senam pagi , dengan format senam komando, dipimpin langsung oleh Serka Harahap dari kesatuan Yonkes Kostrad divisi 2 Malang. Para peserta sangat antusias mengikutinya, karena menurut Jack, General Manager, ekspatriat yang berasal dari Kanada mengatakan “ This is fist time for me and it’s Different!i like it”, dan lanjut menurut dia, selayaknya dan saya pribadi akan mengusulkan dalam rapat manajemen, untuk periode depan kantor kami bisa mengagendakan outing ini secara rutin bersama SWOT Team. Setelah cukup dengan pemanasan  senam komando, acara dilanjut dengan adventure games yang ditunggu, yaitu breaking barier games, dan juga skirmish games alias simulasi pertempuran dengan menggunakan airsoftgun.

Pada sesi permainan “breaking barrier games” peserta keseluruhan di bagi menjadi beberapa squad atau tim yang berisi belasan orang, yang kemudian masing-masing tim dilombakan untuk melewati halang rintang yang telah dipersiapkan oleh panitia, model halang rintang itu meliputi, runduk dan rayap kawat berduri, melompati dinding, memanjat dinding, dan high roop, serta tak lupa menembak reaksi dengan senjata GBB airsoftgun bertipe P-22 dan jenis M1911 atau yang biasa di sebut FN. Tujuan dari permainan ini adalah meltih dan mengaplikasikan sejauh mana kemampuan team work mereka, selain itu juga sebagai sarana remidial untuk leadership yang dimiliki jajaran manajemen perusahaan khususnya yang berada pada posisi decision maker.

Pada sesi kedua permainan, setelah break makan siang, acara dilanjut denganskirmish beach warfare, dan inilah puncak acara outing PT International Furniture Surabaya di pulau sempu hari itu. Peserta lagi-lagi dibagi berdasarkan squad team, yang akan di kompetisikan melakukan skirmish dengan skenario misi “flag capture” atau menangkap bendera lawan. Karena medan yang digunakan adalah dipinggir pantai persis, salah seorang peserta dari Gresik berceletuk “wah, mirip kayak di film saving private ryan nih” yang kemudian disambung komentar dan anggukan dari rekan-rekannya yang lain dengan antusias.

Sesi skirmish beach warfare diakhiri dengan kemenangan oleh squad yang berasal dari karyawan sekuriti dan kasir, namun sekalipun demikian tetap aday yang tidak terima dari squad lainnya, dikarenakan mereka menuduh squad pemenang curang dalam bermain, tetapi wasit telah menyatakan gugatan squad yang kalah lemah, dan tetap memenangkan squad sekuriti dan kasir. Sorepun telah menjelang dan acara ditutup dengan closing ceremony dan perjalanan tracking ke pantai semut pulau sempu, kembali peserta dituntut untuk saling bekerja sama menerobos hutan sempu yang jalannya dipenuhi lumpur becek dan tebal, tidak sedikit yang terpleset yang jatuh, namun mereka tetap tersenyum dan bersemangat, karena gelora kerja team dan solditas kelompok yang kuat terjalin diantara personel karyawan dan manajemen PT.Furniture Indonesia Surabaya bersama SWOT Team !. Bravo keduanya!(Admin)

More Info :

Wanna try?

Contact Us,

Mr. Ali Saleh, S.Ikom | 08990400730, 0341 – 919 2593

shareSeriale online subtitrate

Incoming search terms:

  • contoh proposal outing karyawan
  • tema outing kantor
  • contoh proposal outing kantor

Leave a Reply