PENGEPAKAN PERALATAN BERKEMAH

PENGEPAKAN PERALATAN BERKEMAH

Persiapan menjelang keberangkatan berkemah merupakan bagian penting dari berhasil atau tidaknya suatu perkemahan. Salah satu persiapan yang perlu menjadi perhatian bagi para peserta adalah persiapan peralatan/perlengkapan berkemah. Prinsip yang harus dipegang oleh setiap peserta perkemahan dalam menyiapkan peralatan perlengkapan adalah membawa peralatan seringan, sedikit, selengkap dan sepraktis mungkin. Untuk itu perlengkapan berkemah perlu diperinci dan dicatat dalam buku inventaris, baik perlengkapan milik sendiri maupun yang dipinjam.

 

Peralatan atau perlengkapan yang akan dibawa terdiri dari:

1.   Perlengkapan Pribadi/Perorangan:

a.   Ransel; gunakan ransel dari bahan yang kuat, ringan dan tidak mudah basah jika terkena hujan serta sesuaikan dengan lamanya berkemah.

  1. Pakaian Perjalanan; gunakan pakaian perjalanan dari bahan yang kuat dan mempunyai kantong banyak. Jangan membawa pakaian perjalanan dari bahan jean karena selain berat, jika basah akan lama keringnya. Baju dan celana perjalanan sebaiknya jangan yang terlalu ketat atau terlalu longgar. Dianjurkan membawa baju lengan panjang untuk menghindari tangan atau lengan dari goresan duri ketika menerobos belukar.
  2. Pakaian Tidur; selain training pack bawa juga kain sarung, selain untuk penahan dingin dapat digunakan untuk sholat/ sembahyang.

d.   Jaket Tebal; sebaiknya dari bahan nilon berlapis kain dan mempunyai ponco dilehernya.

  1. Kantung Tidur (sleeping bag) dan alas tidur (matras); sangat berguna untuk penahan dingin.
  2. Pakaian Cadangan; bawa secukupnya dan masukkan dalam kantong plastik.

g.   Peralatan Makan; berupa piring, sendok, garpu, gelas atau mug, tempat air atau peples.

  1. Peralatan Mandi; gayung, sabun, sikat gigi, pasta gigi, sandal, handuk.
  2. Sepatu; pakailah sepatu yang menutupi hingga mata kaki dan sepatu yang baik adalah yang terbuat dari kulit.
  3. Kaos Kaki; bawa beberapa pasang dan simpan dalam kantong palstik.

k.   Sarung Tangan; selain berguna untuk melindungi tangan sewaktu menebas belukar, juga dapat digunakan untuk penahan dingin.

  1. Topi; bawalah topi yang terbuat dari kain dan bertepi lebar.
  2. Senter; jangan lupa untuk membawa bateray cadangan. Selain untuk penerangan dapat berguna untuk memberi isyarat jarak jauh.
  3. Peluit; sangat berguna untuk alat komunikasi.
  4. Korek Api; selain korek api gas, korek api kayu juga perlu disiapkan. Untuk itu, sebaiknya disimpan dalam tabung plastik bekas film berikut kertas pemantiknya.
  5. Ponco; sangat berguna untuk jas hujan, tenda darurat/bivak, alas tidur, tandu darurat serta penampung air hujan. Jika tidak ada ponco, bawalah plastik agak tebal seukuran taplak meja makan.
  6. Obat-obatan Pribadi; jangan lupa untuk membawa obat-obatan pribadi untuk pencegahan.

 

Untuk berkemah di pegunungan dan berkemah di tepi laut/pantai, jenis pakaian yang dibawa harus berbeda. Jika berkemah ditepi laut/pantai, sebaiknya membawa pakaian yang praktis dan ticlak terlalu merepotkan seperti kaos oblong, celana pendek dan pakaian renang.

 

  1. Perlengkapan Regu/Kelompok/Pasukan

Yang perlu dipersiapkan dan dibawa berupa:

  1. Tenda Regu/Kelompok lengkap dengan tali dan pasaknya

b.   Bendera Regu/Kelompok

  1. Bendera Semaphore untuk alat komunikasi
  2. Cangkul atau singkup kecil yang mudah dilipat
  3. Golok atau pisau, kampak

f.    Tongkat

  1. Alat dapur berupa kompor, panci, wajan, tempat nasi, ember
  2. Lentera atau lampu badai

i.    Lilin

j.    Kompas

  1. Peta lokasi (jika ada)
  2. Payung lipat

m. Alat tidur dari plastik kedap air

  1. Tali secukupnya
  2. Kotak P3K, berisi obat sakit perut, sakit kepala, obat luka, dll.

 

JENIS DAN BENTUK RANSEL

Peralatan atau perlengkapan pribadi yang akan dibawa berkemah harus dimasukkan kedalam ransel, disusun sedemikian rupa agar teratur dan mudah diambil jika dibutuhkan. Pemilihan jenis ransel yang akan dibawa, tergantung dari bentuk dan lamanya waktu berkemah.

Jenis-jenis dan bentuk ransel serta penggunaannya, dapat dibedakan:

 

  1. Ransel Tanpa Rangka

Bentuknya kecil dan tidak mempunyai rangka, yang hanya dapat memuat sedikit perlengkapan pribadi. Digunakan untuk berkemah yang waktunya tidak lama, yaitu sehari atau dua hari misalnya Persami.

 

  1. Ransel Memakai Rangka Segi-tiga

Digunakan untuk perkemahan menetap yang waktunya cukup lama. Ransel yang menggunakan rangka dari pipa-pipa alumunium, merupakan ransel yang baik. Rangka ini menjaga agar bawaan atau ransel tidak melekat ke punggung. Sebab selama berjalan, punggung akan basah berkeringat, dan hal tersebut dapat membuat bawaan dalam ransel ikut basah juga. Karena itu jika membeli ransel, cobalah dahulu ke punggung.

Sebuah ransel yang baik dan mahal serta cocok untuk orang yang bertubuh tinggi, belum tentu cocok untuk orang yang bertubuh pendek. Jangan membeli ransel hanya karena melihat warna-warninya, sebab warna yang indah menyala serta bentuknya indah belum tentu enak dipakainya.

 

  1. Ransel Memakai Rangka Segi-empat

Penggunaannya sama dengan ransel memakai rangka segi-tiga, bedanya ransel jenis ini lebih banyak memuat peralatan/ perfengkapan dan lebih padat, karena hampir semua peralatan/ perlengkapan dapat disusun dalam satu pengepakan.

 

Tata cara mengepak peralatan berkemah:

a.   Letakkan lapisan plastik di dalam ransel sebelum pakaian dimasukkan.

Maksudnya agar pakaian tidak basah oleh rembesan keringat atau air hujan.

b.   Peralatan atau pakaian yang segera diperlukan di tempat perkemahan (misalnya pakaian seragam), harus diletakkan paling atas. Sedangkan pakaian yang tidak segera digunakan seperti pakaian tidur dan pakaian pengganti, ditempatkan dibagian bawah.

  1. Tempatkan peralatan lainnya pada kantong-kantong kecil yang tersedia pada ransel sesuai dengan kebutuhan atau keperluannya untuk memudahkan mengambilnya.
  2. Barang-barang penting seperti dompet, buku catatan, camera photo dan bahan makanan, sebelum dimasukkan perlu dibungkus dengan plastik terlebih dahulu.

 

PENGEPAKAN SEBUAH RANSEL

 

  1. Pakaian hujan – mantel atau jas hujan yang menutupi hingga bahu­Tempat air – alas tidur – tenda.
  2. Peralatan makan – tempat minum, piring, sendok, cangkir/mug.
  3. Pakaian tambahan – sweater, kaos dsb.

Pakaian cadangan – pakaian dalam, kaos kaki dsb.

  1. Perlengkapan tidur – kantong tidur, baju tidur dsb.
  2. Tempat untuk senter, korek (pemantik) api dsb.
  3. Peralatan peta – kompas, buku, pulpen dsb.

http://wandiparlente.blogspot.com/2013/01/pengepakan-peralatan-berkemah.html

Incoming search terms:

  • materi games team work

Leave a Reply